PERTUMBUHAN TANAMAN ADENIUM (Adenium obesum) PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN PENYIRAMAN AIR CUCIAN BERAS (AIR LERI)

Main Article Content

Milawati Lalla

Abstract

Adenium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati di Indonesia bahkan di manca negara karena memiliki banyak daya tarik antara lain bunganya beranekaragam bentuk dan corak warnanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan bibit adenium pada komposisi media tanam yang berbeda dan air cucian beras beserta interaksinya. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial (2 faktor) yaitu : Faktor I terdiri atas 4 perlakuan media tanam (M1, M2, M3 dan M4). Faktor II terdiri atas 3 perlakuan air cucian beras (A1, A2 dan A3). Hasil penelitian menunjukkan komposisi media tanam berpengaruh secara nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman dan jumlah daun. Tetapi komposisi media tanam tidak berpengaruh secara nyata terhadap diameter bonggol, panjang akar, volume akar dan bobot tanaman umur 100 HST. Interaksi antara media tanam dan air cucian beras memberikan hasil yang nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter bonggol.

Article Details

How to Cite
Lalla, M. (2017). PERTUMBUHAN TANAMAN ADENIUM (Adenium obesum) PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN PENYIRAMAN AIR CUCIAN BERAS (AIR LERI). Agropolitan, 4(1), 49 - 57. Retrieved from http://faperta.unisan.ac.id/jurnal/index.php/Agropol/article/view/10
Section
Artikel