ANALISIS KELEMBAGAAN PEMASARAN KENTANG VARIETAS GRANOLA TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA

Main Article Content

Andi Lelanovita Sardianti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran yang terbentuk oleh lembaga pemasaran dan efesiensi saluran pemasaran berdasarkan margin dan farmer,s share di Kecamatan Tomobolopao Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Metode pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan Penentuan responden petani dilakukan secara populasi berjumlah 30 orang petani dan responden pedagang menggunakan teknik snowball sampling berjumlah 14 orang pedagang. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisis saluran kelembagaan pemasaran yang mengusahakan pemasaran kentang dan analisis kuantitatif untuk menganalisis margin pemasaran (MP) dan farmers share.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 pola saluran yaitu: Saluran pemasaran 1 : Petani ? Pedagang pengumpul ? Konsumen. Saluran pemasaran 2 : Petani ? Pedagang grosir ? Konsumen. Saluran pemasaran 3: Petani ? pedagang pengumpul ? Pedagang pengecer ? Konsumen. Efesiensi pemasaran saluran kentang Berdasarkan marjin pemasaran farmers share tertinggi terletak pada saluran pemasaran 2 karena memiliki rantai pasar yang pendek dan Langkah strategis dalam pilihan pemasaran petani yaitu saluran 1 karena nilai keuntungan pembelian yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan saluran 2 dan 3 serta biaya yang relatif lebih rendah.

Article Details

How to Cite
Sardianti, A. (2017). ANALISIS KELEMBAGAAN PEMASARAN KENTANG VARIETAS GRANOLA TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA. Agropolitan, 4(1), 7 - 13. Retrieved from http://faperta.unisan.ac.id/jurnal/index.php/Agropol/article/view/15
Section
Artikel