PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KERIPIK SINGKONG KHAS KOTA MANOKWARI, PAPUA BARAT

Main Article Content

Elsa Sembiring
Sarman Oktavianus Gultom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sistem pemasaran yang meliputi pendekatan produk pangan olahan dan fungsi-fungsi pemasaran yang diterapkan oleh para produsen produk olahan keripik singkong di kota Manokwari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode wawancara mendalam terhadap produsen keripik singkong yang ada di kota Manokwari. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk dapat menjelaskan sistem pemasaran yang meliputi pengelolaan fungsi-fungsi pemasaran produk keripik singkong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi-fungsi pemasaran oleh produsen keripik singkong di kota Manokwari belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Meskipun faktor bahan baku dan transportasi tidak menjadi kendala, namun terdapat beberapa faktor penting lainnya yang perlu benahi untuk dapat meningkatkan penjualan keripik singkong, antara lain sistem grading, metode promosi kreatif dan pembukuan keuangan.

Article Details

How to Cite
Sembiring, E., & Gultom, S. (2017). PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KERIPIK SINGKONG KHAS KOTA MANOKWARI, PAPUA BARAT. Agropolitan, 4(1), 25 - 32. Retrieved from http://faperta.unisan.ac.id/jurnal/index.php/Agropol/article/view/6
Section
Artikel